Tips Penting Cara Servis TV Umum

By | February 20, 2017

Panduan teknisiTelevisi merupakan salah satu peralatan elektronik yang banyak digunakan masyarakat baik di rumah maupun di kantor. Karena unit ini tersusun dari beragam komponen elektronika yang rumit dan berhubungan satu sama lain, kadangkala terjadi kerusakan yang membuat unit tidak bisa  bekerja dengan baik. Peran teknisi tentu saja dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan ini. Sebagai teknisi, tentu saja harus mengetahui cara servis TV paling sederhana dan dapat diaplikasikan dengan baik agar TV dapat menyala kembali. Mengingat beragam komponen baru disertakan dalam satu unit televisi yang baru, pengetahuan yang terus diupgrade menjadi harus dimiliki oleh setiap teknisi.

Bagaimana Cara Servis TV Yang Mudah?

Kerusakan yang terjadi pada TV biasanya terjadi di dalam komponen sehingga casing harus dibuka dulu agar semua komponen terbuka secara sempurna. Salah satu peralatan untuk mengecek komponen yang ada pada unit adalah multimeter. Pengecekan komponen yang dirasa mencurigakan dapat dilakukan dengan alat ini. Penyetelan nilai normal hambatan untuk setiap komponen dapat membantu teknisi mendeteksi penyebab terjadinya short yang membuat TV tidak bisa dinyalakan. Selain itu, harus diketahui juga untuk cara servis TV apakah bisa dengan penyolderan bagian yang terlepas atau malah harus diganti dengan komponen yang baru. Bila diketahui hanya komponen yang lepas atau tidak menempel, tentu bisa dilakukan penyolderan ulang. Namun, jika komponen tidak bisa diselamatkan karena aus, maka harus diganti dengan komponen baru.

Keluhan yang banyak dijumpai tentu saja pada layar televisi yang tidak mampu memberikan gambar maksimal sehingga kenyamanan pengguna menjadi terganggu. Misalnya ada garis putih yang mendatar atau membujur. Teknisi profesional tahu cara servis TV dengan keluhan ini adalah mengecek filament apakah terhubung dengan katode atau tidak. Contoh lain misalnya karena tombol power supply yang bermasalah sehingga membuat arus PLN menjadi down, cara yang mudah adalah mendeteksi fuse rangkaian putus atau tidak, lalu mengecek diode apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah rusak. Pengalaman dan jam terbang serta kemahiran teknisi menjadi panduan agar mereka dapat lebih profesional memperbaiki kerusakan yang umum dikeluhkan oleh masyarakat.

Related posts: