Seputar Cincin Platina Dan Cincin Emas

By | January 20, 2017

cincin couple
Dalam memilih cincin kawin tentunya harus sesuai dengan keinginan dan keadaan calon pengantin. Keadaan yang dimaksud tentunya adalah budget yang tersedia untuk membeli cincin kawin yang sesuai dengan keinginan. Namun sebenarnya penggunaan akan cincin kawin tidaklah diwajibkan karena saat ini banyak juga pasangan suami istri yang tidak memakai cincin platina setelah selesai acara resepsi. Dan tentunya hal itu dilakukan dengan berbagai alasan yang cukup masuk akal. Cincin platinum banyak dipilih karena merupakan logam yang kuat dan tahan lama. Namun masih banyak yang menimbang dan bingung dalam memilih apakah memilih emas atau platinum sebagai cincin kawin mereka.

Perbandingan Cincin Platina Dengan Emas

Dari segi warna jelas sekali berbeda jika emas memiliki warna yang kuning cerah berkilau sedangkan platinum memiliki warna yang putih keabuan. Kemudian jika dari segi harga, cincin kawin yang terbuat dari emas murni sekalipun tetap lebih murah dari cincin platina. Hal ini dikarenakan platinum lebih berat 60% dibandingkan dengan emas. Kemudian platinum memiliki 95% yang dicampur dengan 5% logam lainnya. Sedangkan emas dengan 14 karat atau 53% emas murni dan sisanya adalah logam lainnya sebagai bahan campuran. Kemudian dalam proses pembuatannya biaya produksi untuk sebuah cincin berbahan platinum lebih besar daripada cincin berbahan emas. Hal ini dikarenakan platinum sulit dan keras untuk dibentuk sebagai perhiasan tidak seperti emas yang mudah dibentuk.

Sehingga tidaklah mengherankan jika cincin platinum lebih mahal dari cincin emas. Dan peminat akan cincin platinum lebih sedikit jika dibanding dengan peminat akan cincin emas dalam segi kenyamanan platinum lebih tebal daripada cincin emas, sehingga dengan memilih cincin platina akan lebih berat dibandingkan dengan emas. Dan bagi Anda yang menginginkan cincin yang ringan bisa memilih cincin emas dan jika yang berat tentunya memilih yang platinum. Namun ada juga yang memilih platinum dengan alasan agar tidak dapat dijual hal ini dikarenakan peminat akan platinum sedikit sehingga jarang sekali toko perhiasan yang mau menerima kembali perhiasan tersebut.

Related posts: