Nutrisi Tepat Berdasarkan Usia Kehamilan

By | April 12, 2017

usia kehamilanBanyak ibu hamil yang memang selalu memantau kesehatan janin dengan cara menghitung usia kehamilan. Tentu saja cara seperti ini menjadi salah satu hal yang penting. Dikarenakan mengetahui usia pada kandungan akan memudahkan ibu hamil dalam melakukan pemantauan terhadap kesehatan sang janin. Sebaiknya dalam mengetahui berapa lama sudah usia janin haruslah secara tepat dalam melakukan penghitungan. Hal ini sangatlah penting ketika beberapa kemungkinan dalam kehamilan bisa menjadi sebuah peringatan dan penanganan. Karena sebagai calon orang tua pastinya perlu memperhatikan dengan seksama asupan nutrisi sesuai dengan kadar dari usia janin dalam tubuh.

Pembagian Trimester Berdasarkan Usia Kehamilan

Hal yang tidak boleh disepelekan tentu saja dengan selalu berkonsultasi pada dokter kandungan terhadap usia kehamilan yang sedang berjalan. Dengan memperhatikan nutrisi yang tepat sejatinya Anda akan mendapatkan kelahiran yang sehat pula nantinya. Untuk itu perlunya mengetahui berbagai kemungkinan serta kesehatan janin perlu dijaga pula asupan makanan. Selama masa kehamilan memang memiliki pembagian waktu dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi yang didasarkan pada trimester. Adapun pembagian tersebut ada tiga bagian yaitu 1-3 bulan yang disebut trimester pertama, 4-6 bulan adalah trimester kedua dan trimester terakhir tentunya 7 hingga masa kelahiran buah hati Anda. Tentunya setiap trimester tersebut sangatlah perlu diperhatikan nutrisi yang tepat. Dimana ada asupan yang berbeda yang disesuaikan dengan kadarnya.

Biasanya pada awal kehamilan atau masuk dalam trimester pertama perasaan mual akan selalu menjadi keseharian. Adapun perkembangan pada janin tentunya akan membutuhkan nutrisi ekstra dalam masa perkembangannya menjadi bentuk yang sempurna. Pemenuhan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, Vitamin B1, B2, B3 serta B6 sangat diperhatikan dalam perkembangan janin. Tentunya mengonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau menjadi konsumsi wajib setiap hari. Kemudian setelah memasuki masa trimester kedua dengan memperhatikan asupan Vitamin C serta Zat besi. Hindarilah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Selanjutnya pada trimester akhir pentingnya kebutuhan vitamin dalam membantu metabolisme dan nutrisi untuk perkembangan otak sangatlah perlu. Jadi ketika Anda mendapati usia kehamilan pada masing-masing trimester akan membutuhkan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan janin.

Related posts: