Meredakan Sendawa Pada Anak Bayi

By | January 17, 2017

tips kesehatanSendawa atau cegukan ini pernah dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Normalnya sendawa hanya terjadi sebentar kurang dari lima menit kemudian akan mereda dengan sendirinya. Meski dianggap sebagai hal yang biasa tetapi sendawa yang terlalu lama cukup mengganggu seseorang dalam beraktivitas dan untuk mengatasi sendawa ini biasanya dilakukan dengan cara minum beberapa gelas air putih.

Untuk mengatasi sendawa pada orang dewasa dan anak bayi tentu saja berbeda. Bayi khususnya yang masih di bawah satu tahun memang sangat rentan sekali mengalami sendawa malahan saat berada di dalam rahim pun mereka sudah mengalaminya. Sebagian orang tua ada juga yang merasa khawatir ketika mendapati buah hati tercinta mereka sedang cegukan padahal ini adalah sesuatu yang normal dan tidak berbahaya.

Penyebab Bayi Mengalami Sendawa

Sendawa bisa terjadi saat otot-otot diafragma tiba-tiba mengalami kontraksi yang mana ini dipicu oleh iritasi/stimulasi pada otot. Untuk sendawa pada bayi umumnya disebabkan karena aktivitas makan dan minum misalnya saat sedang menyusu atau sedang makan. Selain itu sendawa pada bayi ini juga bisa diakibatkan penurunan suhu secara mendadak contohnya usai mandi dengan air dingin.

Sendawa pada bayi baru diberi perhatian khusus apabila si bayi mulai rewel karena saat bersendawa disertai juga dengan batuk, muntah dan rewel yang membuat bayi menjadi sulit tidur. Meski hal ini jarang terjadi tapi alangkah baiknya untuk tetap waspada. Berikut akan dibagikan juga beberapa cara efektif untuk meredakan sendawa atau cegukan pada bayi.

  • Ketika sedang menyusu, jaga agar posisi kepala bayi lebih tinggi dari perut dan jangan menekuk pada bagian leher.
  • Setelah menyusu cobalah untuk menyendawakan bayi, jika si bayi tidak bersendawa maka lakukan rangsangan dengan menepuk dengan lembut pada bagian punggung bayi sambil digendong.
  • Jangan pernah memberikan makan atau minum jika bayi masih cegukan.
  • Jangan mencoba untuk mengejutkan bayi, mendorong ubun-ubun maupun menarik lidah karena cara tersebut tidak efektif untuk meredakan sendawa pada bayi.

Jika intensitas sendawa cukup tinggi dan lama tidak ada salahnya juga membawa bayi ke dokter dan sekian untuk informasi yang bisa diberikan.

Related posts: