Mengatasi Cantengan Pada Area Kuku

By | December 3, 2016

tips kesehatanAnda pasti mengenal penyakit yang satu ini, bahkan sering sekali terjadi. Penyakit ini pun tidak memandang usia dan tidak memandang pria atau wanita yang akan dia serang. Paronycia atau biasa dikenal dengan cantengan adalah sebuah infeksi yang berada di area sekitar kuku dan terjadi disebabkan oleh bakteri. Cantengan umumnya timbul di jari kaki bagian ibu jari (jempol), tetapi di bagian kuku-kuku lain pun bisa saja terjadi cantengan.

Umumnya, cantengan timbul karena tindakan kita yang salah dalam memotong kuku, sering kali kita memotong kuku hingga memotong kulit pada area dekat kuku dan bahkan mengorek (mengeluarkan) kotoran yang berada di area samping kuku. Hal tersebut berpotensi besar masuknya bakteri ke dalam kuku Anda. Selain karena cara memotong kuku yang salah ada pula faktor penyebab cantengan, yaitu karena pemakaian sepatu yang terlalu sempit, penggunaan kaos kaki yang ketat, dan bahkan penggunaan stoking yang terlalu ketat. Hal-hal buruk seperti itulah menimbulkan cantengan. Bakteri yang ada didalamnya menimbulkan kulit yang menebal dan mengandung cairan nanah di dalamnya serta memberikan efek nyeri ketika kita menyentuhkan atau memegangnya.

Akan tetapi, cantengan bisa kita obati dengan cara berikut ini :

  1. Merendam kaki Anda dia air hangat selama 15-20 menit dan lakukan 2-3 kali dalam sehari. Tujuannya agar cairan nanah dan kotoran yang ada di dalamnya keluar.
  2. Ketika Anda ingin tidur, selipkan kapas yang sudah direndam air hangat. Tujuannya, agar cantengan tidak menyebar ke luas kulit yang lain.
  3. kapas sudah diselipkan di daerah cantengan, lanjut dengan memberi plester. Tujuannya agar kapas tidak terlepas dari daerah cantengan tersebut.

Mudah sekali Anda lakukan apabila Anda terkena cantengan. Lakukan selama 3 hari dan tunggu hasilnya. Jangan sekali-kali, Anda mengelupas kulit yang cantengan dengan kondisi tidak steril (bersih) karena akan menyebabkan, bertambah parah cantengan tersebut, karena bakteri akan semakin banyak dan menyebar luas. Jika selama 3 hari tidak sembuh, segera pergi ke dokter untuk mendapat tindakan lanjut. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Related posts: