Manfaat Labu Siam

By | January 18, 2017

tips kesehatanLabu siam juga merupakan jenis sayuran dengan tumbuhan merambat. Berbagai olahan labu siam dapat disajikan untuk teman nasi. Labu siam sendiri sebenarnya bukanlah tumbuhan asli Indonesia melainkan dari Thailand namun kini labu siam bukanlah sayuran yang asing bagi kita karena memang sudah banyak dapat ditanam di Indonesia. Kandungannya yang berguna untuk tubuh sehingga akan sangat baik jika dikonsumsi sebagai varian sayuran dalam sehari-hari. Dengan rendah kalori namun tinggi akan serat juga mineral dapat mencegah kita dari berbagai penyakit.

Mengandung hanya 16 kalori dan tanpa lemak membuat labu siam dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu menurunkan kolesterol. Kemudian dengan kandungan asam folat yang mampu mencegah cacat syaraf otak pada janin. Sebagai pencegah penyakit kanker labu siam mengandung antioksidan seperti apigenin dan likopen. Labu siam juga mengandung potasium sebanyak 125 mgr. per 100gr yang berguna sebagai sumber tenaga.  Senyawa flavonoid juga sangat berguna bagi tubuh untuk melawan zat berbahaya seperti reaktif oksigen spesies dan menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Namun pada daun labusiam dapat mengobati batu ginjal dan menurunkan darah tinggi. Labu siam sebagai sumber mineral karena berbagai kandungan seperti potasium, zat besi, fosfor dan yang lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh

Labu siam juga dapat mencegah anemia karena kandungan vitamin B2 dan zat besinya yang cukup untuk tubuh kita. kemudian labu siam juga mengandung senyawa aktif berupa sponin dan polifenol yang bersifat dingin sehingga dapat menurunkan panas dalam yang dapat menyebabkan dehidrasi juga dapat mencegah peradangan pada tenggorokan, sariawan dan mencegah gangguan saluran pencernaan lainnya. Dengan kandungan kalsium yang melimpah maka labu siam akan bermanfaat sekali untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Namun demikian jika mengonsumsi labu siam dengan takaran yang wajar tentunya tidak akan mengakibatkan efek samping akan tetapi pada saat mengupasnya akan mengakibatkan gatal pada tangan hal itu disebabkan karena getahnya. Demikian kiranya pembahasan tentang manfaat labu siam.

Related posts: