Cara Pencegahan Penyakit Miom

By | October 28, 2016

tips kesehatanSeperti yang kita tahu bahwa miom merupakan penyakit yang menyerang area rahim wanita. Adanya pertumbuhan sel otot rahim yang tidak normal menyebabkan tumbuhnya miom yang akan mengganggu kesehatan penderita. Apalagi, ketika ukuran miom makin lama makin membesar, maka hal ini juga akan mengganggu kesehatan organ yang ada di sekitar rahim.

Bukan hanya itu saja, adanya miom pada rahim pun akan membuat seorang wanita menderita kemandulan. Karena itulah, untuk Anda yang ingin terhindar dari penyakit miom, ada beberapa cara pencegahan yang bisa Anda lakukan.

  1. Pemeriksaan dini

Untuk Anda yang belum tahu apakah ada miom atau tidak dalam organ reproduksi Anda, maka pemeriksaan dini akan membantu Anda untuk mengetahui kondisi kesehatan rahim dan memastikan tidak ada miom. Misal pun ada miom, penanganan bisa langsung dilakukan untuk mencegah kondisi miom yang makin buruk.

  1. Terapkan pola hidup sehat

Salah satu hal yang membuat risiko terkena miom cukup tinggi ialah dari pola hidup tidak sehat seperti konsumsi terlalu banyak daging. Karena itulah menerapkan pola hidup sehat dengan menyeimbangkan makanan yang diasup bisa menjadi solusi. Mengurangi konsumsi daging dan memperbanyak sayur dan buah bisa menjadi alternatif. Selain itu, menghindari berbagai makanan dan minuman yang tidak sehat pun sebaiknya Anda lakukan.

  1. Hati-hati obesitas

Obesitas pun membuat risiko miom makin tinggi. Jadi, menjaga berat badan tetap normal adalah hal yang wajib Anda lakukan. Untuk Anda yang kelebihan berat badan, Anda bisa lakukan diet sehat. Dengan menurunkan berat badan menjadi normal, maka hal ini bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit miom.

Kemudian, bagi Anda yang telah terdiagnosis mengalami miom, Anda bisa lalukan pengobatan mulai dari pengobatan modern dengan konsumsi obat yang diresepkan dokter, terapi hormon hingga pengangkatan miom. Selain itu, pengobatan herbal atau alami bisa menjadi alternatif yang dapat Anda pilih. Untuk pengangkatan miom itu sendiri, hal ini dapat dilakukan ketika kondisi miom sudah cukup membahayakan kesehatan si penderita.

Related posts: