Cara Menangani Para Penderita Darah Tinggi

By | April 8, 2017

tips kesehatanDahulu darah tinggi ini merupakan penyakit yang terkenal diderita oleh orang-orang berusia lanjut. Akan tetapi untuk sekarang, hal tersebut tidaklah benar. Pasalnya anak-anak yang masih usia muda saja banyak yang menderita darah tinggi. Tentu saja hal itu dikarenakan kebanyakan orang sekarang tidak menjaga pola makannya dengan baik. Darah tinggi memang bisa disebabkan karena adanya faktor keturunan. Namun jika sejak dini Anda benar-benar menjaga pola makan serta pola hidup yang sehat, maka penyakit tersebut pun tidak akan muncul dengan mudah di dalam diri Anda. Jika pembaca di sini ada yang menjadi salah satu penderita dari penyakit darah tinggi, tentu harus lebih ekstra hati-hati dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa pantangan dan anjuran yang perlu dilakukan oleh masing-masing penderita darah tinggi agar penyakit  tersebut tidak semakin menguasai tubuh. Pertama, Anda harus benar-benar menjauhi makanan yang bisa meningkatkan tensi seperti sate kambing, buah durian dan sebagainya. Jika Anda mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan tensi, maka rasa pusing pasti akan timbul dan mengganggu kenyamanan. Kedua, sebisa mungkin Anda harus selalu menghindari makanan-makanan yang rasanya terlalu asin. Memang tidak salah jika sesekali Anda konsumsi makanan asin, namun hendaknya rasa asin tersebut tidak berlebihan dan wajar-wajar saja. Pasalnya apabila Anda konsumsi makanan asin dengan jumlah banyak dan terlalu sering, akan menimbulkan darah tinggi menjadi kambuh.

Ketiga, Anda harus bisa jauhi makanan berlemak juga. Makanan berlemak tersebut akan meningkatkan kolesterol. Anda harus memahami bahwa darah tinggi akan kambuh jika kolesterol mengalami peningkatan. Sehingga mulai sekarang harus bisa lebih hati-hati dengan makanan berupa goreng-gorengan, rendang daging, gulai dan sebagainya. Kemudian yang keempat, laksanakan aktivitas olahraga dengan rutin. Salah satu aktiovitias yang bisa mengendalikan penyakit darah tinggi itu adalah berolahraga. Pasalnya dengan olahraga Anda bisa membakar kalori penyebab kolesterol tinggi, memperlancar metabolisme, menjadikan keadaan badan lebih bugar. Untuk olahraga, Anda tidak perlu melaksanakan yang berat-berat. Meski olahraganya ringan namun dilakukan rutin, hal tersebut akan lebih membuahkan hasil.

Related posts: